You are here
Home > Tupoksi Sekretariat

Sekretaris

Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengumpulkan dan mengolah data dalam menyusun rencana program, monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan, menyelenggarakan ketatausahaan, administrasi kepegawaian, administrasi keuangan dan urusan umum serta memberikan pelayanan administrasi kepada semua unit kerja di lingkungan dinas. Untuk melaksanakan tugas tersebut, maka sekretaris memiliki fungsi yaitu:

  • Memverifikasi rencana kegiatan dan program kerja dinas
  • Mengkoordinasi pemantauan dan evaluasi hasil program kerja dinas
  • Mengkoordinasi penyusunan laporan hasil pemantauan program kerja dinas
  • Mengkoordinasi pengelolaan ketatausahaan, rumah tangga, kehumasan dan keprotokolan
  • Memimpin pelaksanaan fungsi tata usaha keuangan pada dinas
  • Memimpin dan mengevaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian dan kesejahteraan pegawai
  • Memimpin dan mengevaluasi pengelolaan administrasi keuangan dan gaji pegawai
  • Memimpin dan mengevaluasi pengelolaan dan pengadministrasian perlengkapan kantor, pemanfaatan dan perawatan inventaris kantor
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan pelayanan teknis administrasi Kepala Dinas dan semua unit organisasi di lingkungan dinas
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas–tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang dan tugasnya

 

  1.  Sub Bagian Penyusunan Program

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas :

  • Merancang bahan koordinasi dan penyusunan rencana program dan anggaran
  • Merancang bahan koordinasi dan penyusunan rencana strategis
  • Penyiapan bahan penyusunan laporan
  • Pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data
  • Penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang dan tugasnya

 

     2.  Sub Bagian Keuangan

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  • Menyusun perencanaan anggaran pembiayaan, pengelolaan, dan mengkoordinir penyusunan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan dinas
  • Menentukan penghimpunan data dan menyiapkan bahan kebutuhan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan dinas
  • Merancang dan menentukan pengelolaan anggaran keuangan belanja langsung maupun belanja tidak langsung
  • Menyusun penatausahaan verifikasi dan pelaporan keuangan
  • Mengkaji ulang pengujian penatausahaan verifikasi dan pelaporan perintah pembayaran
  • Membuat konsep penatausahaan kas dan urusan belanja anggaran kegiatan kebutuhan kantor
  • Menyusun kebutuhan operasional, verifikasi data, dan dokumen keuangan serta pelaporan keuangan
  • Mengelola pengujian data dan dokumen permintaan pembayaran keuangan serta dokumen pendukung
  • Mengelola penatausahaan data dan implementasi sistem informasi, pelaporan data dan perkembangan realisasi permintaan pembayaran keuangan dan perkembangan realisasi pencairan anggaran
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang dan tugasnya

 

     3.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  • Melakukan urusan surat menyurat, perlengkapan dan rumah tangga, memelihara barang-barang inventaris, serta laporan berkala
  • Menyelenggarakan urusan administrasi kepegawaian lingkungan dinas
  • Menyelenggarakan urusan rumah tangga, rapat-rapat dinas, tamu-tamu dinas dan pelaksanaan kehumasan
  • Menyelenggarakan urusan ketatausahaan, surat menyurat, dan kearsipan
  • Menyusun rencana kebutuhan barang, termasuk inventarisasi barang, pengadaan, perawatan, dan pemeliharaan barang perlengkapan dinas
  • Mengelola penertiban, pengamanan, pemeliharaan kebersihan kantor dan lingkungan sekitarnya
  • Menyusun laporan tahunan tentang barang inventarisasi kantor
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang dan tugasnya.

 

 

Top